Cari Disini

Custom Search

Senin, 29 November 2010

AS: bocoran wiki serangan ke dunia



Hillary Clinton
Hillary Clinton tegaskan hubungan AS dengan negara lain akan tetap terjalin baik.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton mengecam penerbitan berita-berita kawat diplomatik rahasia dengan menyebutnya sebagai satu "serangan terhadap masyarakat internasional".

Clinton mengeluarkan pernyataan ini setelah 250.000 berita kawat dari dutabesar AS di seluruh dunia diterbitkan oleh situs Wikileaks.

Isi berita-berita kawat itu berisi pandangan yang berterus terang dan terkadang tidak menyenangkan mengenai para pemimpin dunia serta penilaian jujur terhadap ancaman keamanan.

Namun Clinton mengatakan para diplomat seringkali harus memiliki hak kerahasiaan untuk bisa bekerja secara efektif.

"Pengungkapan ini tidak hanya merupakan serangan terhadap kepentingan politik luar negeri Amerika," ujarnya.

"Ini adalah serangan terhadap masyarakat internasional: aliansi dan kemitraan, perundingan dan pembicaraan yang menjamin keamanan global serta kemakmuran ekonomi lebih maju.

"Saya yakin kemitraan yang dibangun dengan kerja keras oleh pemerintahan Obama, akanbisa mengatasi tantangan ini. "

Clinton mengatakan bahwa komunitas diplomatik harus bisa melakukan komunikasi pribadi.

"Hasil kerja para diplomat kami tidak hanya menguntungkan warga Amerika tetapi miliaran orang di sseluruh dunia...

"Setiap negara, termasuk Amerika Serikat, harus bisa melakukan pembicaraan jujur mengenai orang dan negara yang ditangani. Dan setiap negara, termasuk Amerika Serikat, harus bisa dialog pribadi yang jujur mengenai masalah yang dihadapi bersama dengan negara-negara lain."

Gedung Putih telah memerintahkan seluruh badan-badan pemerintah untuk memperketat penanganan dokumen rahasia setelah penerbitan oleh Wikileaks ini.

Jaksa Agung Amerika Serikat Eric Holder mengatakan saat ini satu penyelidikan kriminal terhadap penerbitan itu tengah dilakukan dan pihak yang dianggap bertanggungjawab akan diadili.

sumber:detiknews.com

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar