Cari Disini

Custom Search

Minggu, 28 November 2010

Bandara Tak Melarang Merokok, tapi Makan Pinang



Foto: Stiker larangan makan pinang di Papua. Foto: Rifa Nadia Nurfuadah-okezone
ADA pemandangan unik di Bandara Sentani, Jayapura, Papua. Sebuah stiker larangan yang nampaknya hanya cocok diterapkan di pulau ujung timur Indonesia ini.

Biasanya, tempat-tempat umum dihiasi dengan stiker larangan merokok dan buang sampah sembarangan. Namun di Bandara Sentani, ada stiker bertuliskan 'Dilarang Memakan Pinang'. Stiker tersebut ditempelkan di berbagai pilar dan sudut-sudut strategis di sekitar area ruang tunggu bandara.

Seorang pegawai Pemerintah Provinsi Papua, Irma Maria, menjelaskan, larangan tersebut diberlakukan karena masyarakat Papua cenderung meludah sembarangan jika memakan pinang. Selain di bandara, stiker serupa juga dapat ditemukan di antaranya di rumah-rumah sakit. Jadi, larangan itu untuk menjaga kebersihan tempat-tempat umum, ujar Irma kepada okezone, Jumat (26/11/2010).

Kebiasaan mengunyah buah pinang dan daun sirih memang sudah menjadi tradisi masyarakat Papua. Tidak hanya orang tua, anak-anak kecil pun mulai mengunyah pinang dan daun sirih di sela-sela kegiatan sehari-hari. Tapi itu juga tergantung orangnya. Kalau memang suka, ya dia akan biasa mengunyah pinang dan daun sirih, imbuh Irma.

Ibu dua anak ini bukan pengunyah buah pinang dan daun sirih. Namun, dia pernah sekali mencobanya. Tidak enak. Saya pusing dan rasanya seperti mabuk, tuturnya sambil tergelak.(fmh)

sumber:http://kampus.okezone.com/read/2010/11/26/373/397320/bandara-tak-melarang-merokok-tapi-makan-pinang 

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar