Cari Disini

Custom Search

Rabu, 24 November 2010

Busyro: Tak Perlu Membenci Koruptor



Busyro Muqaddas (Koran SI)
JAKARTA - Siapa yang tidak kesal dengan ulah koruptor? Gara-gara koruptor sekelas Gayus Tambunan, negeri ini dibikin kalang kabut. Akibat korupsi lah rakyat menjadi melarat dan penegakan hukum bias.

Namun calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busyro Muqoddas memiliki perspektif lain yang memandang masyarakat untuk tidak membenci koruptor. Apa alasannya? Menurut Busyo yang juga Ketua Komisi Yudisial, yang patut dibenci adalah kelakuannya, tindak pidana korupsinya.

"Korupsi dilakukan oleh segelintir orang. Koruptor seperti dehumanisasi, sedang terlepas dari fitrah dirinya. Saya punya suatu perspektif, koruptor tak perlu dibenci. Tapi kelakuannya. Itu psikologi pendidikan," paparnya saat uji kepatutan dan kelayakan di Gedung Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (24/11/2010).

Sebab itu, kata Busyro, ke depan harus ada proses penggalangan agar korupsi tidak hanya diperangi dengan cara yang vulgar tapi preventif. "Ketika koruptor memelaratkan rakyat, dia nggak akan sadar ketika kita hanya mengancam. Agar manusia kembali ke fitrahnya, pendidikan menjadi penting," jelas dia.

Busyro menjelaskan sebagai orang baru harus belajar dengan komisioner untuk membangun capacity building. Kata dia, agar KPK bisa menghindarkan diri dari sentimen politik dan hidden agenda, sehingga integritas hinggap ke pemimpin KPK yang akan datang.(ram)

sumber: http://news.okezone.com/read/2010/11/24/339/396684/busyro-tak-perlu-membenci-koruptor


ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar