Cari Disini

Custom Search

Rabu, 01 Desember 2010

4 Penyanyi Solo Pria Indonesia dengan Teknik Vokal Terbaik


Tidak banyak penyanyi solo pria Indonesia yang punya kemampuan olah vokal bagus/mumpuni. Rata-rata saya amati terkesan cuma menjual karakter suara mereka, yang (memang) bisa dibilang cukup khas. Betul sekali, teknik vokal yang bagus belum menjamin bahwa sang penyanyi tersebut akan sukses dan disukai para pendengar.

Banyak kasus membuktikan bahwa para penyanyi dengan kualitas olah vokal yang prima (punya teknik vokal bagus) ternyata sulit sekali untuk bisa menembus dunia industri musik rekaman. Alih-alih bisa survive di panggung hiburan Indonesia.

Penyanyi dengan kemampuan olah vokal yang baik pun biasanya belum tentu bisa dengan mudah dikenali dan diingat karakter suaranya. Para pendengar (penikmat musik) umumnya cenderung lebih mudah mengenali penyanyi yang dinilainya punya warna suara cukup unik. Alm.Chrisye, Iwan Fals, dan Ebiet G.Ade adalah contoh nyata deretan solois pria Indonesia yang tak lekang oleh zaman (berkat kekuatan dan keunikan suara mereka).

Namun bukan berarti bahwa karakter suara adalah segalanya dalam dunia musik komersil. Penyanyi dengan kemampuan olah vokal dan teknik vibrasi yang baik tetap punya peluang bagus untuk bisa menembus industri musik rekaman dan bahkan bisa survive dalam jangka panjang.


Lalu, siapa sajakah penyanyi solo pria Indonesia yang saya nilai punya teknik vokal terbaik?



yana-julio

1. YANA JULIO.


Coba simak penggalan komentar berikut ini pada artikel tentang 18 Penyanyi Pria Indonesia Bersuara Paling Khas.



klo saya probadi krn suka pop, lbh cenderung ke personil elfa`s singers, yana julio. yana julio terkenal dgn vokal yg soft, bervibrasi (sulit lho mengeluarkan vibra kyk yana julio) n sering berimprovisasi.

Yups. Saya sangat setuju dengan komentar di atas. Bagi saya, Yana Julio adalah salah satu penyanyi solo pria Indonesia yang punya kemampuan olah vokal terbaik. Teknik vibrasinya lembut dan enak didengar. Pengaturan dinamikanya pun pas (tidak berlebihan). Suaranya juga cukup khas. Pemberian feelnya pun bagus. Pokoknya lagu-lagu yang dinyanyikannya akan terasa enak deh.

Lagunya yang paling saya sukai yaitu Selamanya Cinta. Sudah pernah dengar? Pokoknya bagus banget deh.

Karakter suara Yana Julio memang sangat pas untuk lagu-lagu pop yang bernuansa romantis. Walau saat ini Yana Julio sudah jarang tampil, ia tetap layak dianggap sebagai yang terbaik untuk kategori solois pop pria Indonesia.

Grup Elfa Singer’s memang tidak keliru memilihnya menjadi salah satu vokalis. Saat bersolo karir pun, Yana Julio terbukti bisa sukses. Tahun 90-an bisa dibilang sebagai era kesuksesan karir Yana Julio sebagai penyanyi solo.




hedi-yunus

2. HEDI YUNUS.


Penyanyi bertampang ‘baby-face’ ini bisa dibilang sebagai salah satu ‘nyawa’ grup musik Kahitna (selain Yovie Widianto). Tanpa Hedi Yunus sebagai salah satu vokalis utama, mungkin Kahitna akan kehilangan daya pikatnya.

Sebagai penggemar (fans berat) Kahitna, saya melihat Hedi Yunus punya kemampuan olah vokal yang sangat bagus untuk jalur musik pop. Tak jauh beda dengan Yana Julio, Hedi punya teknik vibrasi yang lembut, pas dan tidak berlebihan mengumbarnya saat bernyanyi. Ia juga punya kemampuan mengatur dinamika emosi dan vibrasi suaranya. Ia pun selalu bernyanyi dengan feel yang baik, sehingga lagu-lagu Kahitna terasa punya ruh saat disimak secara seksama.

Saat bersolo karir pun, Hedi tergolong sangat sukses. Tak heran, sebab ia sudah punya basic olah vokal yang bagus. Cewek-cewek yang sedang kasmaran pasti merasa sangat nyambung ketika mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Hedi Yunus. Tak menutup kemungkinan pula bagi cowok


tompi

3. TOMPI.


Spesialisasinya mungkin di jalur musik jazz. Namun ternyata ia juga jago dalam menyanyikan lagu pop. Bahkan lagu-lagu yang agak ngerock. Yang jelas, Tompi adalah salah satu solois pria terbaik Indonesia yang punya kemampuan olah vokal LUAR BIASA. Teknik vibrasinya oke banget. Improvisasi jago. Pengaturan dinamika feel saat bernyanyi juga mantap.

Basicnya yang berasal dari musik jazz memang mau tak mau menuntut kemampuan/teknik vokal yang prima. Tak hanya mengandalkan teknik vibrasi yang yahud, Tompi juga punya cara bernyanyi dan karakter suara yang sangat khas. Tak heran jika ia masih bisa survive hingga saat ini.


vidi-aldiano

4. VIDI ALDIANO.


Muncul paling buncit (belakangan) dari 3 penyanyi di atas, Vidi langsung menggebrak lewat hits lawas Nuansa Bening. Di saat sulitnya menemukan penyanyi solo pop Indonesia yang punya teknik vokal bagus, Vidi pun hadir mengisi kekosongan.

Di usianya yang masih belia (belum genap 20), Vidi sudah punya kemampuan olah vokal yang lumayan. Yang menonjol dari cara bernyanyinya ialah TEKNIK VIBRASI yang dominan. Selengkapnya pendapat saya mengenai Vidi bisa anda simak lebih lanjut di artikel Afgan vs Vidi Aldiano vs Derby Romero.




Oke. Empat nama penyanyi solo di atas murni saya dasarkan atas pertimbangan kemampuan olah vokal. Dalam hal ini yaitu teknik vibrasi. Unsur lain seperti keunikan karakter suara tidak begitu saya jadikan tolok ukur. Empat solois di atas ialah mereka yang benar-benar mengutamakan kemampuan olah vokal.

Nah, menurut anda sendiri bagaimana? Siapa yang anda anggap sebagai solois pria terbaik Indonesia, khususnya dari sisi olah vokal?

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar