Cari Disini

Custom Search

Senin, 06 Desember 2010

Bocoran Draft RUU Keistimewaan Yogyakarta


Draf itu memuat sejumlah kewenangan Sultan Hamengkubuwono dan Adipati Pakualam.

Sri Sultan Hamengkubuwono X (VIVAnews/Tri Saputro)
Kementrian Dalam Negeri telah menyelesaikan draf Rancangan Undang-Undang tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Setelah mendapat tanda tangan presiden, draf segera diserahkan ke DPR.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan, draf itu memuat sejumlah kewenangan Sultan Hamengkubuwono dan Adipati Pakualam.

Sultan dan Pakualam adalah akan menjadi orang nomor satu dan dua di DIY yang disebut sebagai Gubernur Utama dan Wakil Gubernur Utama. "Kedudukan Sultan dan Pakualam adalah sebagai gubernur utama dan wakil gubernur utama. Sementara gubernurnya dipilih," katanya.

Selain itu, dalam RUU Keistimewaan DIY juga menyebutkan, Sultan dan Pakualam boleh ikut dalam pemilihan gubernur. Apabila keduanya berkeinginan maju menjadi gubernur dan wakil gubernur, kata Gamawan, tidak perlu mengikuti aturan UU No 32 tahun 2004 seperti, pencalonan diajukan oleh parpol atau gabungan parpol.

"Sultan boleh ikut pemilihan, satu paket dengan Pakualam. Apabila beliau ikut, maka otomatis beliau tidak perlu diajukan oleh parpol seperti kepala daerah lain. Kalau beliau maju, maka kerabat keraton tidak boleh maju lagi," katanya.

Selain itu, ada sejumlah kewenangan yang diberikan kepada Sultan selaku gubernur utama DIY. Kewenangan itu yakni, hak mendapatkan protokoler, kedudukan keuangan DIY, memelihara nilai-nilai budaya sosial masyarakat Yogyakarta, dan sejumlah kewenangan lainnya.

"Misalkan dalam menentukan perda istimewa Yogya, itu harus ada arahan dari Sultan dan Pakualam. Kemudian dalam perumusan anggaran juga harus ada arahan dari Sultan. Jadi banyak sekali kewenangan," ujarnya.

Terkait hak veto untuk memberhentikan gubernur terpilih, Gamawan menegaskan, Sultan tidak memiliki kewenangan tersebut. "Nggak lah, gubernur terpilih itu kan pilihan rakyat. Tapi Sultan di situ kan berperan dalam menentukan siapa calon-calon yang diajukan," ujarnya. (umi)
sumber:• VIVAnews.com

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar