Cari Disini

Custom Search

Selasa, 21 Desember 2010

ini untukmu ibu(kisah nyata)


Ini untuk mu ibu..(kisah nyata)

banyak pelajaran yang harus kita ambil dari kisah nyata ini,terkadang kita lupa siapa diri kita sesungguhnya.selamat membaca sahabat-sahabat ku..

aku terlahir dari desa yang sangat terpencil dipenghujung provinsi.aku memiliki satu orang saudara lebih tua dariku,aku terlahir dari keluarga yang sederhana,rumah yang sederhana,ayah ku telah pergi meninggalkan kami.aku tak tau ayah ku dimana saat ini ,ayahku pergi disaat aku berumur 6 tahun waktu itu aku masih SD.otmatis yang mengambil alih sebagai kepala keluarga dirumaah kami adalah ibuku,,ibuku bekerja siang malam,seorang buruh tani,kadang jualan keliling dipasar,itu hanya ibu lakukan untuk aku dan kakakku,
hari demi hari saat aku menginjak kan kaki di smp,kakakku menikah dengan wanita pilihannya,dan tanggungan ibu ku berkurang bagiku,tapi tidak bagi ibuku.karena biaya pendidikan kian mahal,aku pernah meminta pada ibu”aku tak ingin sekolah lagi bu,,sudah cukup bagiku ilmmu ini,”ibu sangat marah,”biar ibu mengemis dijalan,biar ibu pertaruhkan nyawa ini,ibu tak ingin kamu putus sekolah,ibu tak ingin kamu jadi seperrti ibu hanya sekolah sampai SD,itupun tak tamat”dalam hati aku terdiam mendengar kata-kata ibu.
Hari demi hari aku beranjak dewasa menjadi anak yang lincah,pandai bergaul,itu terbukti saat aku duduk di bangku sma aku terpilih menjadi ketua osis,tapi prestasi ku dibidang akademik tidak terlalu bagus,aku hanya aktif di organisasi,aku lupa tujuan utama ku.
Masa sma ku kulalui hari demi hari,ibuku selalu menasehati ku”jangan terlalu terlena dengan organisasi,diimbangi,organisasi baik untuk hidup,dan belajar baik juga untuk hidup,seimbangkan lah apa yang kamu lakukan nak,, aku pun menjawab dengan santai”ya bu…”
Hanya itu keluar dari mulutku…dan berikutnya tak terasa aku telah lulus sma,aku bangga ,dan ibuku pun bangga karena aku diterima di salah satu pergguruan tinggi negeri Indonesia.aku mendapatkan undangan,aku sangat senang,tapi ada kendala dari itu semua,ibu tidak mampu membiayai kuliah ku,”aku bantu ibu saja jadi petani ya bu,kuliah nya tahun depan kan bisa.”ibu ku begitu marahnya,tidak bisa,lanjutkan kuliah mu,,ibu masih bisa membiayai mu,akhirmya akupun jadi kuliah di uneversitas negeri itu,ibu ku mendapatkan uang dari seorang rentenir dikampung kami,bunga nya sangat tinggi,
Hari senin tanggal 23 masih ku ingat sbelum aku berangkat kekota untuk melanjutkan kuliahku,selesai shalat subuh,ibuku bergegas berangkat kesawah,Bantu tetangga , aku tatap wajah ibuku yang sudah tua,keriput,rambut yang sudah mulai beruban.,air mataku menetes,,aku tau sekali hari itu ibuku sedang sakit,tapi ibu memaksakan diri,,air mata ini tak tertahan lagi,begitu berat tanggungan ibu menggantikan peran seorang ayah,,,kemana ayah pergi bisik ku dalam hati?\.”kenapa meninggalkan kami?’apa salah kami’,ternyata ibuku meilihat diriku yang sedang menagis,ibu memeluk diriku..nanti kalau sudah sampai dikota kuliah yang rajin ya,”jangan seperti ibu,yang tak tamat sd ini”ibu bangga padamu,jangan hura-hura disana,ingat ibu disini,,nanti siang ibu usahakan cepat pulang,ibu ingin lihat kamu berangkat kekota”,aku peluk ibuku erat-erat,ku cium dirinya,aku tak bisa berbicara lagi,lidahkupun kaku,…..ibu ku pun meneteskan air mata nya,”kamu harus berhasil nak”dengan nada yang begitu rendah,tak menampakan dia sedang sedih,,’aku bangga punya ibu spertimu..”ibuku tersenyum”.
Senyuman hangatnya yang tak pernah kulupakan..rapikan baju mu ya nak,ibu berangkat kerja dulu:
Kuantarkan ibu sampai didepan pintu rumahku.pintu yang hampir copot,.ku bukakan pintu itu untuk ibu,ibu bergegas berangakat,dan tak lupa ibu membawa cangkul,..ibu pergi dengan penuh semngat walaupun ibu sedang sakit saat itu..siang harinya,,mobil untuk mengantarkan ku kekota telah datang.kakakku sudah siap dengan barang ku,hati ku gundah ,aku menunggu ibu pulang,tapi ibu tak kunjung pulang.kulihat dari pintu rumah ku,beliau tetap tidak ada,ayo cepat nak,masih banyak yang mau dijemput”ujar pak sopir,,
Ya pak tunggu sebentar,,..aku pamitan dengan kakak,tetangga,tak lupa teman dekat ku dikampung seorang cewek,jaga dirimu,,belajar yang rajin,jangan kuatir denga ibu,ibu ada kakak yang jaga,’akupun semakin yakin untuk kekota,aku pamit dengan teman dekat ku,dia memberikan sebuah kalung yang indah,;jaga baik-baik ya,,,aku pun tersenyum..
Aku pergi semua,,,kakaku membantu ku mengangkat barang-barangku,,,saat ku membuka pintu mobil nya.ku melihat ibuku berlari,,dengan bajunya dipennuhi Lumpur coklat,Lumpur sawah,,dengan membawa cangkulnya…sepontan aku kembali turun dari mobil..kupeluk ibuku,,sambil menangis,begitu hebatnya ibu,rela bangun pagi,banting tulang hanya untukku…”ibu menepati janji kan?’ibu ingin melihat mu nak,,”
Aku menangis…
Tak teras baju ku kotor..aku tak menghiraukan itu..ibu berjalan kerumah mengambil sesuatu,terbungkus didalam kain merah.aku tak tau apa itu,jaga baik-baik nak hanya ini yang bisa ibu berikan untukmu.lalu ku buka ,aku terkejut isinya adalah sebuah baju untukku,baju berwarna merah seperti warna kesukaanku,kembali aku menangis,aku tau betul bahwa ibu tak punya uang,upah buruhnya dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore RP.4500.ini ibu tabung,uangnya,,ibu belikan untukmu,/..langsung kupakai baju itu, kulepaskan baju yang kotor itu,ibu ku meneteskan air mata,,jadi anak yang baik disana,,aku pun tersenyum,pasti bu..:
Aku pun berangkat,,dengan penuh keyakinan,,dilepas oleh ibu,kakak,sahabatku,dan tetangga,..di kejauhan kulihat kebelakang,kulihat seorang wanita berdiri,dengan penuh Lumpur,wajah yang sudah mulai keriput,bekerja banting tulang untuk anaknya,kutekadkan dalam hati,aku harus menjadi orang yang berhasill,,”

Dkkota aku hidup dirumah kontrakan,rumah yang ku kontrak bersama teman-teman yang kukenal saat ospek,..masak yang ku lakukan sendiri,mencuci pakaian yang kulakukan sendiri,semua kulakukan sendiri,tidak sperti dikampung ,semua serba beres,..
Tapi itu ku nikmati bersama,teman-teman ku,,
Hari demi hari..tak terasa ku hidup dikota sudah 4 tahun ,aku pun menepati janji pada ibu,IP ku dari semester satu sampai semester tujuh 3.98,tidak pernah kurang dari itu,,
Aku pun bangga,,ibu pun merasa tak sia-sia menyekolahkan ku,,
Diikampus akupun aktif di berbagai organisasi,dari BEM,SILAT,dll
Hari demi hari,aku bertemu salah seorang pria sebut saja namanya rio,awalnya rio begitu baik pada ku,akhirnya kami berteman begitu dekat dan menjadi teman yang baik,pada suatu hari rio menawarkan ku barang,yang belakangan ini aku tahu yaitu pil ekstasi,aku terjebak oleh rayuan si rio,beggitu nikmatnya pil itu,,aku terasa terbang,,,aku pun ketagihan..awalnya nya rio memberikan gratis,lama kelamaan aaku harus membEli, satu pill RP200.000,aku tak punya uang sbanyak itu,uang kiriman ibuku , ku habiskan untuk beli pill itu,aku tak punya uang lagi kuliah kupun terlantar padahal aku hanya tinggal menyelesaikan skripsi,,
Aku pun menjadi berubah 180 derajat,aku yang tadinya terkenal baik,sekarang sudah sering nongrong di simpang –simpang kota,aku memeras orang yang lewat,kadang ku ancam dengan golokku yang ku beli dipasar,tadinya aku yang rapi, sekarang berubah jadi kusut,tak beraturan,lingkungan telah merubah hidupku,ibuku sudah mulai sakit,aku tak menghiraukan nya,sifat iblis didalam diriku,telah mebuat aku melupakan ibuku,pernah suatu ketika aku pulang kampung,aku marah-marah pada ibu,karena aku ingin uang,ibu tak memberikannya,aku banting seluruh yang ada dirumah,aku lempar, keluar,aku maki –maki ibuku,,ibuku meneteskan air mata,dia tak sanggup melawan ku,tak ada uang,akhrinyya tak habis akal,aku bungkus baju ibuku ,hanya kusisakan dua,aku jual dipasar baju bekas, aku berhasil mendapatka uang walaupun sedkit hanya RP5000..
Tidak puas dengan itu dipasar aku melihat seorang wanita kaya,aku rampas tas nya,aku berhasil kabur dari kejaran massa,aku berpesta dengan teman-temanku dikota..
Aku pun kembali kekampung,tak terima aku perlakukan ibu seperti itu aku ditendang oleh kakakku,dihajar habis habisan,aku terjatuh,terluka,hampir dibunuh,tapi ibu menyelamatkan ku, ibu memeluk aku,kalau kau ingin bunuh dia,bunuh saja aku”kata ibuku,”kenapa masih membela anak durhaka sperti ini,anak tak tau di untung,anak tak tau malu,anak durhaka,”ibuku menangis,tapi anehnya,aku tak mengeluarkan air mata sedikit pun rasa mennyesall…
Aku terus di nasehati ibu,dan tak ketinggalan sahabat baikku,dia tak bosan-bosan mengingatkku,,,tapI itu percuma..nafsu iblis,,tak bisa kulepaskan begitu saja,,,

Akhrinnya…hari rabu 27 oktober ntah kenapa hati ku begitu gundah,resah,ku terima kabar bahwa ibu sedang sakit,ibu membutuhkan ku dikampung,,aku pun pulang,,
Sampai nya dirumah,masyrakat sudah ramai dirumah ku,kulihat pak rt,kakakku,aku disambut dirumah itu kecuali kakaku,yang pergi saat ku datang..
Ku yakin kan diriku tak terjadi apa-apa..aku memasuki kamar ibuku,kulihat orang tua selama ini yang mengasihiku terbujur lemas diatas tempat tidurnya,aku berjalan menuju tempat tidurnya,ni aku bu,,aku sudah pulang,apa yang terjadi dengan ibu…ibu tersenyum,, ku peluk ibuku karena tak tega melihat ibuku sperti itu,.maafkan aku ibu,,aku salah selama ini,,.ya nak”ibuku menghapus air mataku,,’sambil tersenyum”nak buatkan ibu nasi goreng,ibu kangen nasi goreng buatan mu..”ya bu”ku hapus air mata ku,,”ku beli alat-alat nasi goreng,..tepat jam 09 malam, nasi goreng ku selesai,bergegas ku antarkan pada ibu,kusuapkan nasi kemulutnya,ibu makan begitu lahap,,aku menagis,teringat akan kesalahanku,tak kuasa kutaha air mata ku,”nak kamu harus selesaikan SImu ya..ibu ingin lihat kamu memakai toga,,’iya bu,,mana kakakmu,entah dari mana kakakku,tahu –tahu dia telah disamping.ada apa ibu”ujar kakaku.”jaga adik mu..”jangan marah lagi sama dia ya..”kasian dia,,ibu yakin dia tidak salah dia hanya terpengaruh lingkungan”iya,,kakakku menangis,akupun menangis,ku ingat aku menjual baju ibu ku dipasarr,aku ingat aku marahkan dia,air mata ini tertahan lagi,,,ibu begitu sayang pada ku,walaupun aku marah sama ibu,ku jual bajunya,dia tetap sayang pada ku,,,engkau malaikat ku ibu,,,aku menangis sejadi-jadinya,,,
Ibu ingin tidur di dipelukkan mu nak.”ya bu,, aku angkat tubuh ibuku, kujadikan paha ku sebagi bantal untuknya,, dia pun tertidur…lelah senyum yang indah,,,.wajah yang sudah mulai keriput,tapi begitu bersih,, berseri,,,beliau tertidur selamanya dalam pangkuan ku..aku menangis sejadinya –jadinya.aku berteriak.ibu,,, kenapa begitu cepat kau tinggalkan ku,,,’maaf kan aku ibu,, maaf kan bu,,,
Masih tercium olehku,aroma nasi goreng yang ku buat,masih terbayang olehku akan susahnya ibu mencari uang dengan bekerja sebagai buruh tani,,masih ku ingat kumalan Lumpur sawah mengotori wajahnya dan bajunya.
\ibu..kembali lah ibu,,,
Tuhan ..a mbil nyawaku,, jangan ambil nyawa ibuku,,tak ku hiraukan warga yang ada di rumah ku….
Ibu anak mu telah berbuat salah,,anakmu telah durhaka padamu,
Ampuni aku ya ibu,, ampuni aku ya allah…..
Aku terus berteriak..
Terakhir,ku lihat senyuman ibuku,,,

Setelah kepergian ibuku,,aku senang menyendiri,,aku stress akan keadan ku,,
Tapi ada satu orang yang tak meninggalkan ku yaitu sahabat ku “leli.”ingat pesan ibumu,jangan menyerah,ibumu ingin lihat kamu bergelar SI dan memakai toga seperti anak –anak yang lain..aku bangkit,sedikit demi sedkit,, aku ingin membuktikan pada ibuku dan kakakku,,
Aku kembali berangkat kekota,,aku lihat jadwal ujian skiripsi,aku belum terlambat masih sempat 1 bulan ini,skripsi ku harus selesai…berusah,bekerja keras,tak kurasakan letih ini,aku tempelkan poto ibuku bekerja disawahyang penuh Lumpur itu,saat aku mulai lelah,kulihat poto ibu,rasa lelah hilang seketika,,,,akhrinya tepat satu bulan aku ujian ,dan lulus,dan akhrnya aku di wisuda,,inilah anakmu ibu… inilah dia gumamku dalam hati,,,
Pada acara wisuda hadir kakakku dan isterinya,anak-anaknya,dan tak lupa sahabatku,,kakaku telah berhasil mempunyai bisnis yang maju,,
Aku peluk kakakku,, maaf kan aku kak,,”
Kakakaku,, pun tersenyum… inilah dirimu yang sebernarnya…
Aku masuk balairung tempat wisuda yang begitu besar ada 1.345 mahasiswa yang diwisuda saat itu aku terenyah..air mata ku keluar,andaikan ibu ada disini,andaikan ibu melihatku,.andaikan ibu melihatku pakai toga seperti yang diinginkan nya,,aku berhasil,
Tuhan memang maha kaya,tuhan memang tidak pernah bohong akan janjinya,bahwa doa ibu akan selalu didengarkan oleh tuhan,saat pengumuman wisudawan terbaik,semua diam,kecuali aku yang asyik berbicara dengan teman ku,,”wisudawan terbaik dengan IPK 3,98 bernama ahmad jadda husein”
Ya itulah namaku,,’tepuk tangan diberikan padaku,dari ribuan mahasiswa yang hadir dari orang tua,dan senat,semua penasaran akan diriku,teman-teman memelukku,ku tak percaya semua ini,lidah ku pun kaku,air mata ini kembali menetes..”saudara ahmad disilahkan kedepan dan memberikan kata sambutan>”
Kembali tepuk tangan itu kurasakan,, teman-teman menangis terharu,ya karena mereka tahu akan kehidupanku,, tepuk tangan tak berhenti,,”aku belum siap’ujarku dalam hati”..kulihat kakaku meneteskan air mata tepuk tangan yang semangat di bberikan pada ku..kulihat isteri kakaku pun ikut terharu,dan sahabatku,disamping kakakku.seakan ada sosok yang kukenal ,, mengenakan pakaian putih bersih ,memakai kerudung putih,orang itu adalah ibuku,,beliau tersenyum,maju lah nak,majulah,,aku bangga pada mu”..suaranya terdengar diteelingaku…
Ibu,,,ibu,,,,,

Aku maju kedepan,meneteskan airmata ,tepuk tangan diberikan pada ku tanpa henti,rector berdiri langsung memelukku,
Aku pun dipersilahkan menyampaikan pidatoku”ini buat mu ibu, air mata ini kembali keluar,’ini buat mu,ku persembahkan untukmu,orang tua yang rela bangun jam 6 pagi pulang jam 6 sore,yang rela mengotori tubuhnya dengan Lumpur,tak pernah mengeluh,orang yang rela berdesakan di pasar hanya demi aku,orang yang rela berjualan keliling pasar,orang yang tegar,sabar,orang yang paling ku banggakan seumur hdiupku,orang yang kusayang lebih dari menyayangi apapun didunia ini,dialah ibuku,, walaupun dia telah tiada,walaupun dia telah pergi,aku yakin ibu ada disini,,……

Semua tepuk tangan padaku,, kakakku berulang kali mengatakan adikku,adikku itu,,,,
Aku turun dari mimbar,,,aku duduk ditempat dudukku kembali,,
Kembali tuhan melihatkan kekuatan nya.. disaat aku keluar,disaat acara telah selesai,aku disambut oleh 33 utusan perusahaan , mereka menawarkan ku bekerja untuk perusahaan nya.., menawarkan cek,tulis gaji yang anda mau,anda siap kerja besok,a menyodorkan langsung,kami gaji anda 60 juta per 2 minggu, aku menangis,,, inikah doa mu ibu??
Inikah dirimu tuhan??
Terima kasih ya allah..
Saat ini ku bekerja di salah satu perusahaan VIRGINIA NEWYORK,AKU INGIN PULANG KE INDONESIA,
Aku mempersunting sahabatku leli jadi istriku,dan mempunyai anak 1 orang,,,
Ini semata –mata untukmu ibu….

Ya allah …kutitipkan ibuku padamu,,,
Jagalah dirinya…
Tempatkan ibuku ditempat yang indah disisimu..
Jaga lah selalu dirinya ya allah..
Dan apabila nyawaku engkau ambil ya allah,
Pertemukan diriku dengan dirinya,
Aku ingin memeluknya..
Amien..

Sekilas tentang diriku” ahmad jadda husein SE.MBA.

ini kisah yang benar-benar terjadi pada tahun 1990
saya,, tak bisa ngmong apa lagi,,, tisu dah habis ne…
Simpulkan sendiri ya..
Maaf terlalu panjang..
Ini semata –mata pelajaran buat saya dan teman-teman semua..hikz…..


,,,,>>>>>>>>
Kisah ini didapatkan dari paman saya,kebetulan mr ahmad adalah teman beliau,ini adalah e –mail beliau kepada paman saya,saat saya berkunjung kerumah beliau,beliau memeperlihatkan e-mail ini.kemudian saya copy paste,saya hilangkan kata yang tidak berbaur kisah hidup beliau,karena yang liannya pripacy.artikel ini sebenarnya berbentuk surat karena sang paman menanyakan tentang kisah hidupbeliau,saya sempat chat bersama beliau,Saya terinpirasi untuk berbagi pada teman-teman semua…trims.


 SELAMAT HARI IBU SEMUANYA...





 TAMBAHAN VIDEO UNTUK SAHABAT

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar