Cari Disini

Custom Search

Minggu, 13 Februari 2011

Batu Gong dari Zaman Megalitik Ditemukan di Sumsel




Foto: Taufik Wijaya


Pagaralam - Benda-benda purbakala dari masa tradisi Megalitik Bukitbarisan Pasemah terus ditemukan di Pagaralam, Sumatera Selatan. Kali ini batu gong ditemukan di Dusun Keban Agung RT 04 RW 02 Kelurahan Ulu Rurah Kecamatan Pagaralam Selatan, Pagaralam.

Menurut warga setempat Sawari (34), Minggu (13/02/2011), lokasi batu gong tersebut tidak berjauhan dengan pemukiman warga setempat. Batu gong tersebut berada di atas tumpukan tanah setinggi kurang lebih 1 meter. Sedangkan tumpukan tanah tersebut berada di tengah-tengah jalan. Tidak jauh dari batu gong tersebut, terdapat lapangan rumput yang rencananya, bakal dibangun gedung olahraga (GOR).

Sama seperti batu gong yang berada di Dusun Karang Dapo, batu tersebut berbentuk persegi panjang, dan terdapat batu berbentuk bola setengah lingkaran di atasnya. Pada bagian batu yang berbentuk persegi tersebut, terdapat ukiran-ukiran unik. Panjang keseluruhan batu tersebut kurang lebih 60 cm. Hanya saja warnanya berwarna agak sedikit gelap.

“Warga setempat menamakan batu tersebut dengan makam puyang bungkuk. Batu tersebut sudah ada sejak lama di tempat itu yang dahulunya adalah perkebunan. Pada tahun 2004 lalu, ketika ada pembangunan jalan oleh pemerintah, warga menolak untuk memindahkannya ke tempat lain, karena sangat menghormati keberadaan batu tersebut,” katanya.

Sementara peneliti dari Balai Arkeologi Palembang Retno Purwanti mengarakan batu gong hanya ditemukan di Pagaralam di Indonesia. Pihaknya perlu melakukan penelitian khusus terkait batu baru tersebut. "Dari foto yang kita lihat belum ada temuan sepadan ditemukan di daerah di Indonesia ini," jelasnya.

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar