Cari Disini

Custom Search

Minggu, 06 Februari 2011

Tradisi Makan Tanah Makam, Antara Mitos Keberkahan dan Gizi


Jangankan tanah makan, tanah biasa saja kita sudah nggak terbayangkan untuk menelannya. Tapi namanya juga tradisi yang sangat kuat berhubungan dengan masalah keyakinan akan sebuah kepercayaan. Itulah yang berlaku di dalam keyakinan Tiongkok kuno saat acara bersih bersih makam atau dikenal dengan istilah Qingming festival.
Makan tanah kuburan untuk kesehatan
Makan tanah kuburan untuk kesehatan
Orang berbondong pergi ke kuil dimana leluhur mereka disemayamkan, untuk melakukan pembersihan sekaligus memohon berkat bagi keberuntungan.  Ada hal yang mungkin akan dianggap banyak orang aneh dan sedikit dianggap menjijikan, namun karena ini sebuah ritual yang berhubungan dengan keyakinan bisa saja hal tersebut tidak berlaku.
Hal aneh tersebut adalah ritual memakan tanah pemakaman, baik dicampur dengan air atau langsung. Mereka percaya bahwa hal tersebut bisa memberikan keberuntungan dan keselamatan bagi mereka. Mereka percaya tanah tersebut adalah tanah yang suci. Banyak anak kecil hingga orang tua bahkan wanita hamil banyak yang memakan tanah yang menurut penduduk setempat juga banyak mengandung mineral.
Seperti dikutip ruanghati.com dari sebuah situs forum lokal http://www.tianya.cn menceritakan seorang ilmuwan neuroscientist dari Bristol University Christopher Lowry mengatakan dari hasil riset yang dilakukannya pada tanah tersebut mengandung kadar serotonin yang sangat membantu meningkatkan sistem immune (pertahanan) tubuh manusia.
Cuma kalau nggak kuat belum makan dah bayangkan bisa muntah duluan, bayangkan saja tanah kuburan dimakan!!
namanya juga keyakinan, tiap orang kan beda -beda

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar