Cari Disini

Custom Search

Jumat, 11 Maret 2011

Kurun 10 Tahun, Muncul 3 Bencana Mematikan


Headline
Foto : Ilustrasi
Oleh: Ellyzar Zachra P.B

Jakarta- Dunia diminta bersiaga menghadapi setidaknya tiga hingga lima bencana perkotaan mematikan dalam 10 tahun mendatang. Inilah kota yang harus waspada.
Menurut Disasters Emergency Committee (DEC), perlu persiapan secara maksimal untuk menghadapi beberapa bencana, salah satunya gempa bumi. Kota yang paling besar terkena dampak di antaranya Teheran (Iran), Istanbul (Turki), dan Kathmandu (Nepal).
Laporan itu berdasarkan analisis kerusakan akibat gempa bumi di Haiti tahun lalu yang menewaskan 300.000 orang.
"Gempa Haiti menunjukkan kepada kita salah satu tantangan terbesar dalam kurun 30 tahun terakhir dalam bidang kemanusiaan," ujar CEO DEC Brendan Gormley.
Penduduk lokal, pebisnis, komunitas dan pemerintah daerah diminta bekerja sama dengan konsisten mencegah bencana memiliki dampak besar bagi masyarkat, lapor DEC berdasarkan keterangan Daily Mail.
Mereka juga menyarankan keberadaan pemukiman permanen, daripada membangun tempat penampungan sementara, di berbagai kota besar.
Di seluruh dunia, setidaknya 950 juta penduduk tinggal di daerah kumuh perkotaan yang rentan terhadap semua bencana seperti banjir, angin kencang, longsor, gempa, gunung api dan lainnya.
Laporan DEC menegaskan perlunya rencana jangka panjang pemerintah yang harus melibatkan pebisnis maupun komunitas lokal untuk membangun sistem penyelamatan jika terjadi bencana perkotaan. [mor]

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar