Cari Disini

Custom Search

Sabtu, 12 Maret 2011

Mahasiswa RI Jebolan Jepang Turun Tangan


Sebuah kapal terdampar di Kesennuma, Miyagi, Jepang.
Sebuah kapal terdampar di Kesennuma, Miyagi, Jepang.













JAKARTA - Jepang menjadi salah satu negara sasaran warga negara Indonesia (WNI) untuk menimba ilmu. Ketika Tanah Sakura berduka, mereka, baik yang tengah kuliah maupun yang telah lulus, berjibaku.

"Saya sedih sekali melihat kondisi di sana," ujar Nufransa Wira Sakti, yang mengenyam pendidikan S2 di Yokohama National University dan S3 Niigata University, saat dihubungi acak-acak teamdi Jakarta, Sabtu (12/3/2011).

Menurutnya, mereka para alumni saling berhubungan satu sama lainnya via email, untuk mengetahui kondisi terkini. "Untung teman-teman saya selamat semua. Tapi memang ada yang terjebak di gedung selama tiga jam dan di dalam subway selama dua jam," ucapnya lega.

Menurutnya, kondisi korban di sana saat ini telah ditangani pemerintah Jepang dengan profesional. Ketika gempa dan tsunami terjadi, penduduk yang terkena dampak gempa dan tsunami langsung mendapat pertolongan pertama seperti makanan minuman dan selimut.

"Mereka sudah sangat ahli. Jadi mereka sudah menanganinya. Mereka sudah sangat siap (dengan bencana)," tutur Frans.

Seperti dikutip di salah satu milis Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI), sejak gempa dan tsunami mereka sudah sibuk saling kordinasi untuk membantu rekan, kerabat, yang berada di Jepang.

"Dear Mariko Fukukaicho, kang Sigit dan Teman2 KAJIers, OK, mungkin malam ini kalau bisa kumpul ya, mulai jam 19.00 ? McDonald Thamrin? Atau please advise....," demikian ditulis Fuad A kadir, salah satu anggota milis KAJiers.

Ajakan ini pun langsung gayung bersambut. Mereka bertemu untuk membahas langkah apa yang bisa dilakukan.  "Dear KAJIers, Bila sekiranya memang akan diadakan CHRITY For Japan, saya siap membantu dengan penggalangan dana," pungkas Moch Yunus. 
(rhs)

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar