Cari Disini

Custom Search

Sabtu, 18 Juni 2011

Jurus Sukses Raditya Dika




Poster film Kambing Jantan (ist.)
Poster film Kambing Jantan (ist.)
JAKARTA - Siapa sangka hobi menulis bisa menghasilkan uang dan menjadikan kamu terkenal? Tidak percaya? Sebut saja, Raditya Dika.

Berawal dari hobinya menulis di blog pribadi mengenai kejadian sehari-hari, Radit berhasil menciptakan sebuah buku yang sangat terkenal dan digemari masyarakat segala usia, Kambing Jantan.

Tidak hanya Raditya Dika, kamu juga mampu menjadi seperti dia. Mau tahu caranya? Yuk, intip tips menulis komedi ala Raditya Dika.

1. Cari perspektif baru


Bukalah perspektif dan persepsi kamu mengenai suatu kejadian.

"Sudah banyak penulis bermunculan. Tinggal bagaimana kamu mencari perspektif baru yang membuat kamu unik dan berbeda dari yang lain," kata Radit saat memberikan materi dalam seminar Kreatif Menulis Rejeki Tak Akan Habis di Auditorium Kampus Bina Nusantara (Binus) Anggrek, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (16/6/2011).

2. Temukan perspektif baru melalui pengalaman pribadi


Saat bingung dan tidak memiliki ide apa yang hendak kamu tulis, kamu dapat menuliskan pengalaman pribadi atau kegiatan sehari-hari yang sederhana. Meski hanya berupa kegiatan sederhana yang kurang menarik, dengan cara pandang berbeda tulisan tersebut menjadi menarik.

3. Jangan takut mencoba menulis


Menulis merupakan kegiatan yang mudah, tidak membutuhkan biaya besar. Cukup dengan menyediakan waktu, selembar kertas dan alat tulis, telepon seluler, laptop atau komputer, kamu sudah dapat menciptakan sebuah tulisan.

4. Temukan ciri khasmu


Selera setiap orang tentu berbeda, demikian pula gaya menulis seseorang yang dapat menjadi ciri khas penulis tersebut.

5. Jangan takut dikritik


Sebagai pemula, belum tentu dapat langsung sukses saat mencoba menulis di kesempatan, namun jangan lantas berhenti menulis ketika mendapat kritik atau saran.

"Saya pernah dikritik bahwa tulisan saya jelek. Tapi saya tidak lantas berhenti menulis," kata Radit.

Kritik yang membangun dapat membantu kamu untuk terus berkembang dan menjadi penulis yang baik.

Jadi, siapa bilang jadi penulis sukses itu sulit? Kamu juga bisa. Selamat mencoba!(rfa)

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar