Cari Disini

Custom Search

Sabtu, 15 September 2012

Salahkan Sperma Kalau Gen Perempuan Jadi Acak-acakan




(Foto: thinkstock)
Efek ini baru teramati saat para peneliti mengamati proses perkawinan pada lalat buah, namun sangat mungkin berlaku juga pada manusia. Dalam
pengamatan tersebut, lalat betina mengalami perubahan pola makan, siklus bertelur dan perilaku lainnya.

Pada manusia, diyakini perubahan genetik pada perempuan akibat kontak dengan sperma bisa menguntungkan laki-laki. Salah satu perubahan perilaku perempuan yang diyakini terkait dengan efek ini adalah, beberapa perempuan jadi susah berpaling dari pasangannya.

"Kami menguji efek dari satu protein air mani yang dikenal sebagai peptida dan menemukan adanya perubahan ekspresi gen pada perempuan, yang melintasi batas waktu dan bagian tubuh," kata Prof Tracey Chapman dari University of East Anglia seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (12/9/2012).

Adanya efek perubahan ekspresi dan struktur gen pada perempuan menunjukkan bahwa protein dalam sperma bisa menjadi 'master regulator'. Artinya, sperma bisa mempengaruhi berbagai perubahan genetik pada perempuan yang dampaknya bisa sangat luas.

Pada sistem imun atau daya tahan tubuh, perubahn itu diyakini bisa mencegah penularan infeksi penyakit. Bahkan dalam kaitannya dengan proses pembuahan, bisa juga membuat sistem reproduksi perempuan jadi lebih selektif dan menolak sperma yang bukan dari pasangannya.

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar