Cari Disini

Custom Search

Minggu, 23 Desember 2012

Ingin Tidur Nyenyak ? Jangan Lakukan 6 Aktivitas ini di Malam Hari




 
Malam hari adalah waktu untuk beristirahat dan melepas lelah setelah seharian sibuk bekerja. Tetapi beberapa orang kadang menghabiskan waktunya di malam hari dengan mencari hiburan seperti menonton TV hingga larut malam.

Tanpa Anda sadari, hal ini dapat menyebabkan gangguan tidur dan akan terbangun dengan kondisi yang tidak fit keesokan harinya. Oleh karena itu, hindari 6 aktivitas di malam hari ini yang dapat mengganggu tidur, seperti dilansir Mensfitness, Kamis (20/12/2012) antara lain:

1. Menonton TV
Semakin malam, acara di televisi akan semakin menarik yang biasanya menyajikan acara-acara untuk orang dewasa. Tetapi menurut para peneliti di Pennsylvania, aktivitas larut malam yang dihabiskan dengan menonton TV akan memakan waktu sebanyak 2 jam atau hingga setengah waktu tidur.

Hal ini akan menyebabkan seseorang terlambat bangun keesokan paginya dalam upaya mengkompensasi waktu tidur yang berkurang akibat menonton TV larut malam. Para ahli menyarankan untuk mengurangi aktivitas malam hari dan mematikan semua alat elektronik termasuk TV, minimal satu jam sebelum pergi tidur.

2. Menelepon
Orang yang sibuk bekerja di siang hari, biasanya akan saling bertegur sapa dengan orang-orang terdekatnya di malam hari melalui telepon. Tetapi sebuah penelitian baru menemukan bahwa radiasi ponsel berkaitan dengan efek yang dapat mengganggu tidur seseorang.

Orang yang memiliki kebiasaan menelepon dalam waktu yang cukup lama di malam hari, melaporkan lebih sering mengalami sakit kepala, kesulitan tidur, dan kualitas tidur yang buruk. Lakukan pembicaraan seperlunya saja di telepon agar tidak mengurangi jam tidur Anda.

3. Ngemil tengah malam
Selain dapat meningkatkan berat badan, penelitian telah menemukan bahwa ngemil tengah malam juga telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang buruk dan lebih sering terbangun. Camilan yang berupa makanan manis dapat memberikan sentakan energi yang tidak perlu, makanan asin bisa membuat Anda haus, dan makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh yang mengganggu siklus tidur.

4. Browsing di internet

Kebanyakan orang masih menggunakan komputer satu jam sebelum pergi tidur. Sayangnya, cahaya buatan yang terpancar dari layar komputer tidak hanya membuat seseorang merasa lebih waspada, tetapi juga dapat menekan hormon yang mempromosikan tidur, melatonin.

Akibatnya, jam tidur Anda akan berkurang dan bangun tidur dengan tubuh yang lelah. Jangan membaca email, berita, atau browsing ketika larut malam dan matikan komputer lebih awal sebelum tidur.

5. Minum kopi atau minuman beralkohol
Peneliti dari Stanford University menemukan bahwa kafein memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap pola tidur seseorang. Selain itu, peneliti dari Irlandia baru-baru ini mencatat bahwa minum minuman beralkohol memiliki dampak yang cukup besar pada jumlah waktu tidur.

Jika Anda ingin minum sesuatu yang berasa sebelum tidur, lebih baik minum susu rendah lemak yang hangat daripada beralih pada kopi atau minuman beralkohol yang justru akan mengganggu tidur.

6. Pencahayaan rumah yang terlalu terang di malam hari

Menurut sebuah studi, eksposur yang berlebihan terhadap cahaya lampu di malam hari dapat menghambat produksi hormon tidur (melatonin) dan meningkatkan produksi hormon stres (kortisol). Redupkan lampu rumah kita malam semakin larut dan matikan lampu kamar sebelum Anda pergi tidur.

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar