Cari Disini

Custom Search

Senin, 28 Januari 2013

Mengapa Narkoba Sangat Berbahaya?



Berbeda dengan obat atau zat lainnya, narkoba memiliki 3 sifat jahat yang dapat membelengu pemakainya untuk menjadi budak setia. Ia tidak dapat meninggalkannya, selalu membutuhkannnya dan mencintainya melebihi siapapun. Tiga Sifat yang sangat jahat dan berbahaya itu adalah habitual, adiktif dan toleran.
1. Habitual
Habitual adalah sifat pada narkoba yang membuat pemakainya ariakan selalu teringat, terkenang dan terbayang sehingga cenderung untuk selalu mencari dan rindu(seeking). Sifat inilah yang menyebabkan pemakai narkoba yang sudah sembuh kelak bisa kambuh (relapse) dan memakai kembali. Perasaan kangen berat ingin memakai kembali disebabkan oleh kesan kenikmatan yang dalam bahasa gaul disebut nagih (suggest).
Suggest adalah penggoda terkuat yang menyebabkan pemakai narkoba yang sudah sembuh pada suatu saat kembali memakai. Jenis makanan apapun tidak akan menyebabkan suggest kecuali narkoba.
2. Adiktif
Adkitif adalah sifat narkoba yang membuat pemakainya terpaksa memakai terus dan tidak dapat memakainya. Penghentian atau pengurangan pemakaian narkoba akan menimbulkan ‘efek putus zat’ atau withdrawal effect, yait(u perasaan sakit luar biasa atau dalam bahasa gaul disebut Sakaw (sakait karena kau, narkoba).
Penderita sakaw yang mengalami rasa sakit luar biasa itu, biasanya mengatasi rasa sakitnya melalui 2 cara yaitu, kembali mengkonsumsi jenis narkoba yang sama atau bila tidak memakai tetapi juga tidak tahan rasa sakit, orang tersebut akhitnya mencari jalan pintas yaitu bunuh diri.
3. Toleran
Toleran adalah sifat narkoba yang membuat tubuh pemakainya semakin lama semakin menyatu dengan narkoba dan menyesuaikan diri dengan narkoba, sehingga menuntut dosis pemakaian yang semakin tinggi. Bila dosisnya tidak dinaikan, narkoba itu tidak akan bereaksi tetapi malah membuat pemakainya mengalami sakaw. Bila lama-kelamaan kenaikan dosis tersebut telah melebihi kemampuan tolerasi tubuh, maka terjadilah efek sakit yang luar biasa dan mematikan. Kondisi seperti ini yang disebut OVERDOSIS.
Tiga sifat jahat yang khas (habitual, adiktif dan toleran) hanya ada pada narkoba. itulah yang menyebabkan narkoba sangat berbahaya. Dengan adanya 3 sifat jahat yang khas membuat pemakai narkoba mengalami perubahan sifat dan sikap menjadi :
  1. Lebih mencintai narkoba daripada diri sendiri, orang tua atau saudara-saudaranya.
  2. Egois, Sombong, Asosial, Jahat (psikosis)
  3. Mengalami kerusakan organ tubuh
  4. Terjangkit penyakit maut (HIV/AIDS, sifilis dan lain-lain.

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar