Cari Disini

Custom Search

Senin, 28 Januari 2013

Punya Teman Seperti Ini? Hati-hati, Mungkin Dia Pakai Narkoba

Penyalahgunaan napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya) sudah tidak pandang bulu. Tak peduli saudara, sahabat atau teman dekat, siapapun bisa kena. Agar tidak salah dalam bergaul, kenali ciri-ciri para pemakai napza.

Pembuktikan bahwa seseorang memakai napza, baik alkohol maupun ekstasi yang sekadang sedang sangat populer, umumnya dilakukan dengan tes urine. Namun tes ini biasanya baru dilakukan sebagai pembuktikan saat seseorang sudah tertangkap pihak berwajib.

"Tes urine negatif pun belum tentu tidak pakai. Ada ciri lain yang bisa diamati, yakni perubahan mental dan perilaku," kata Prof Dr dr Dadang Hawari, SpKJ, psikiater yang banyak menangani korban napza saat dihubungi detikHealth, Senin (28/1/2013).






Menurut Prof Dadang, perubahan mental dan perilaku bisa digunakan untuk mencurigai seseorang seseorang terjerat penyalahgunaan napza. Apapun jenis napza yang disalahgunakan, entah alkohol, ganja, sabu-sabu maupun ekstasi biasanya menunjukkan perubahan perilaku.

Perubahan yang dimaksud Prof Dadang antara lain sebagai berikut:

- Sering tidak masuk sekolah
- Sering bangun kesiangan
- Bagi yang muslim, jadi jarang salat
- Suka bohong, banyak akalnya
- Sering keluar malam, pulang pagi atau bahkan tidak pulang
- Sering melakukan kekerasan.

Seseorang dengan ciri-ciri di atas juga belum tentu bisa diartikan pakai napza sebab ada beberapa orang yang memang dalam kesehariannya berperilaku demikian. Namun jika semula tidak demikian, lalu mendadak perilakunya berubah maka bisa dicurigai terlibat dalam penyalahgunaan napza.

Adanya perubahan-perubahan mental dan perilaku yang mencurigakan ini biasanya mudah dikenali oleh orang yang bergaul cukup akrab. Meski yang bersangkutan tidak mengaku kalau memakai napza, tanda-tanda tersebut cukup untuk membuatnya dicurigai.

"Harus orang yang benar-benar bergaul lama dan sangat akrab yang bisa mengenali perubahan-perubahan perilaku tersebut. Atau orang yang sangat ahli di bidang itu. Kalau baru bergaul sekali dua kali memang sulit mengenalinya," kata Prof Dadang.


sumber : http://iniunic.blogspot.com/2013/01/punya-teman-seperti-ini-hati-hati.html#ixzz2JG2Q48bo

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar