Cari Disini

Custom Search

Jumat, 27 Desember 2013

Anak Indonesia “Terdampar” di Siberia (Russia) "ERU" (kompasiana"


1386438801477499423
pelajar Indonesia Yang terdampar di TOMSK-SIBERIA-RUSSIA

izinkan saya membagikan sedikit cerita saya tentang kehidupan di tempat saya belajar saat ini yakni di Russia-Siberia_Tomsk. Tempat yang dulunya saya tangisi ketika tahu setelah mendapatkan pengumuman dari pemerintah Russia bahwa saya ditempatkan di Tomsk bukan di Moscow.hehe. namun dengan berjalannya Waktu.   saya menyadari bahwa allah memang luar biasa telah menempatkan saya,dan memberikan kesempatan saya berada di kota luar biasa ini.

Tomsk adalah kota kecil yang berada di Koordinat : 56 ° 30′N 84 ° 58,koordinat  56 ° 30′N 84 ° 58′E  terletak di Sungai Tom . Salah satu kota tertua di Siberia , Tomsk merayakan ulang tahun ke-400 pada tahun 2004 . dengan jumlah penduduk . 524.669 ( Sensus 2010 ) .
Sudah 3 bulan saya berada di kota yang Indah ini dalam rangka tugas belajar   saya (master marketing) di Tomsk Polytechnic University. Untuk diketahui Dulu tomsk didirikan berdasarkan Surat Keputusan Tsar Boris Godunov pada tahun 1604 setelah Toyan , Tatar duke of Eushta , meminta perlindungan Tsar melawan Kirghiz bandit .  Tsar mengirim 200 Cossack di bawah komando Vasily Tyrkov dan Gavriil Pisemsky untuk membangun benteng di tepi Sungai Tom , menghadap apa yang akan menjadi kota Tomsk . Toyan menyerahkan tanah untuk benteng ke Tsar .
Pada 1804 , pemerintah yang dipilih Tomsk menjadi kursi baru Tomsk Governorat , yang akan mencakup kota-kota modern Novosibirsk , Kemerovo , dan Krasnoyarsk , serta wilayah yang sekarang berada di Kazakhstan Timur . Status baru membawa pengembangan dan kota tumbuh dengan cepat .
Penemuan emas pada tahun 1830 membawa pengembangan lebih lanjut ke Tomsk di abad ke-19 . Namun, ketika Trans - Siberian Railway dilewati kota dalam mendukung desa Novonikolayevsk ( sekarang Novosibirsk ) , pembangunan mulai bergerak ke selatan untuk terhubung dengan jalur kereta api. Dalam waktu , Novosibirsk akan melampaui Tomsk penting.
Pada pertengahan abad ke-19 , seperlima dari penduduk kota adalah orang buangan . Namun, dalam beberapa tahun , kota itu akan diciptakan kembali sebagai pusat pendidikan Siberia dengan pembentukan Tomsk State University dan Tomsk Polytechnic University . Dengan Perang Dunia II , setiap penduduk kedua belas kota masih mahasiswa, sehingga menimbulkan nama informal kota - Siberian Athena .
Setelah Revolusi Oktober 1917 , kota ini merupakan pusat penting dari gerakan Putih, dipimpin oleh Anatoly Pepelyayev dan Maria Bochkareva , antara lain . Setelah kemenangan Tentara Merah , Tomsk dimasukkan ke Siberia Barat Krai dan kemudian ke Novosibirsk Oblast .
Seperti di banyak kota-kota Siberia , Tomsk menjadi rumah baru bagi banyak pabrik pindah dari medan perang pada awal Perang Dunia II . Pertumbuhan yang dihasilkan kota dipimpin pemerintah Soviet untuk mendirikan baru Tomsk Oblast , dengan Tomsk yang berfungsi sebagai pusat administrasi .
Selama perang dingin Tomsk adalah salah satu dari banyak tempat yang akan ditetapkan sebagai kota tertutup , yang orang luar dan, khususnya , orang asing , tidak diberi akses . Pada tahun 1949 hal diambil tahap lebih jauh ketika sebuah kota rahasia , yang dikenal sebagai ” Tomsk - 7 ” ( atau kadang-kadang hanya sebagai ” Postbox 5 ” ) didirikan 15 kilometer ( 9 mil) dari Tomsk , dan pemukiman baru menjadi rumah dari Tomsk Pabrik Nuklir ( kemudian berganti nama menjadi Sibirskaya Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir ) , stasiun tenaga nuklir skala industri pertama di negara itu . Tomsk - 7 menerima status kota pada tahun 1956 dan berganti nama menjadi Seversk pada tahun 1992 .
Demikian sejarah singkat kota Tomsk  yang saya kutip dari beberapa sumber,dan ini  Menarik Untuk disimak, mengetahui lebih lanjut tentang kota  tua ini,karena selain dijuluki sebagai kota tertua di siberia , Tomsk juga merupakan kota pelajar (kalau di Indonesia sama dengan Yogyakarta), ada ribuan mahasiswa asing dan juga  mahasiswa Russia yang menuntut ilmu di Tomsk ini.menariknya lagi suasana kehidupan disini sangat berbeda dengan kehidupan orang russia lainnya (baca:moscow) inilah  asli karakter orang russia yang sebenarnya yang akan kita temui disini.  ramah,penuh semangat,senyumnya, kecantikannya,ketampanannya, dll.
Ketika kedatangan saya di  bandara Domodedovo saya merasakan ketegangan yang luar biasa, melihat para orang-orang yang bermuka masam(baca:berwajah cemberut) sangat susah sekali menemukan Orang Russia di moscow untuk tersenyum,. cantik memang namun jangan harap akan diperlakukan seperti orang Indonesia yang kalau bertemu bule disapa,diajak ngobrol,fhoto dll, jangan HARAP di Russia seperti itu, Pengalaman saya saat akan melawati petugas imigrasi. cewek cantik (baca:cantik orang russia)  saya  berharap cewek tersebut akan melemparkan senyum manisnya kepada saya .. namun apa daya dan hendak dikata  wanita tersebut malah membentak saya,, dengan bahasa russia.. (saya tidak mengerti sama sekali).. dan ternyata maksudnya masalah pasport saya yang harus dibuka  sendiri sebelum memberikan ke dirinya.. nah coba.. apa yang saya rasakan ketika itu,,,pertama masuk Russia dbentak seperti itu,. dan malah disuruh pulang lagi ke Indonesia., saya mencoba menenangkan diri saya,, (sabar,mungkin ini  karakter orang  Russia,..). setelah lolos dari petugas Imigrasi .. kami para  penerima Beasiswa berjumlah lebih kurang  15 orang sebelum tersebar kebebrapa kota.disambut oleh pihak kedutaan Besar Indonesia -Russia di moscow,untuk didata dan diberikan pengarahan.. disana diberitahu juga tentang kondisi kota masing-masing dan juga karakter orang russia,. saya sendiri dan satu teman saya yang akan berangkat ke Tomsk membutuhkan waktu lebih kurang 3 hari jika menggunakan kereta api untuk  bisa sampai di Tomsk.jika menggunakan pesawat maka di butuhkan waktu lebih kurang 5 Jam untuk sampai di Tomsk (siberia). Maka kami memutuskan untuk berangkat dengan pesawat  untuk menghemat waktu dan juga tenaga kami nantinya setelah sampai di Tomsk, akhirnya kami mengucapkan kata “sampai bertemu kembali”untuk teman-teman kami yang akan berangkat ke kota tempat mereka belajar . kam akan berpisah, dan tidak tahu kapan akan bertemu kembali.hehe (Sulit memang karena Russia adalah negara terluas Didunia, hanya waktu yang bisa menjawab kapan bisa bertemu kembali) .butuh waktu,biaya,dll jika ingin berkumpul, dan itu tidak tahu kapan akan terjadi,
13864301481266966528
(fhoto saya didepan bandara domodedovo moscow)
1386430095179712131
13864313861223838427
wajah-wajah setelah pemeriksaan dari petugas Imigrasi .saya dan teman saya yang akan belajar di Tomsk
13864319261170213247
Para penerima Beasiswa Pemerintah Russia tahun 2013(fhoto bersama sebelum berpisah)
Kami harus menunggu lebih kurang 6 Jam sebelum berangkat menuju Tomsk, karena memang jadwal pesawat terakhir pada jam 23:00 Waktu Russia(moscow).Sambil menunggu, kami melepaskan lelah disebuah restoran cepat saji bersama   salah satu anggota PERMIRA(persatuan Pelajar Mahasiswa Russia) yang ditugaskan menjemput kami oleh pihak kedutaan dan mengantarkan ,mengurus sampai tiba dengan selamat di kota masing-masing. beliau banyak menceritakan karakter orang Russia di moscow,dan kota besar lainnya, yang terkenal arogan dengan orang asing, apalagi orang Asia, dan beliau mengucapkan selamat kepada kami yang berhasil mendapatkan kota terbaik di Russia untuk belajar,  saya masih ingat beliau menceritakan Tomsk penuh dengan semangat, orang-orang Russia selain bermimpi kuliah di Lomonosov University. mereka bermimpi untuk bisa belajar di Tomsk, disana akan bertemu dengan orang-orang Russia sesungguhnya, baik nya luar biasa, cantinya luar biasa, pintarnya Luar biasa, biasa hidup yang murah Luar biasa beda jauh dengan moscow yang biaya hidup  paling mahal didunia.Di Tomsk cukup uang dengan 900 Ribu rupiah. kita bisa hidup dengan normal .wahh.. saya langsung bersykur kepada Allah ketika itu.. mungkin inilah cara terbaik Allah menempatkan saya di kota yang Bernama Tomsk.
Akhirnya,berjalannya waktu tepat pukul 23 :00 kami harus berangkat menuju kota dimana perjuangan sesungguhnya akan dimulai, lebih kurang 5 Jam berada dipesawat, sampailah saya  dan teman saya di sebuah kota kecil, kota Tua di Siberia yang bernama Tomsk ini. sederhana namun bersahaja,romantis dengan semilir angin yang bertiup seolah menyapa ,ucapan selamat datang,pohon cemara seolah memberikan senyuman bahwa  bahagia menyambut kami, dibandara kecil itu , saya disambut oleh seorang pria  russia,tinggi nya tidak terlalu tinggi, dengan senyuman khas  russia, dengan tulisan : “INDONESIA”. ya dialah yang ditugaskan oleh Universitas untuk menjemput kami.ah… leganya luar biasa, disambut senyuman pertama oleh orang Russia, dengan perkenalan singkat .kami menuju  ke asrama mahasiswa bersama teman russia baru kami  andre namanya .
13864334071277874130
1386433808489912052
Bandara Di Tomsk (fhoto dari Google) saya tidak sempat mengambil fhoto bandaranya .heh
138643389213662850
Taman Kota Tomsk
13864343581617590639
Tempat terkenal di Tomsk. seorang pahlawan luar biasa Tomsk
1386434469441449482
Halaman Masjid, Satu -satunya Masjid Di Tomsk
Kami bercerita Banyak dengan andre ini, saya baru tahu beliau seorang Dosen setelah melakukan pengurusan Dokumen kelengkapan saya untuk mengurus  persiapan fakultas(podfak),Podfak merupakan  persiapan  bahasa Russia , jadi kami harus belajar bahasa Russia terlebih dahulu  selama 6 bulan sebelum memasuki Jenjang kuliahnya sesungguhnya , karena para penerima beasiswa Russia kuliah menggunakan bahasa Russia. Beliau bercerita panjang lebar tentang kehidupan di Tomsk mulai dari orang-orangnya,adat, dll. Disinilah saya menyadari bahwa memang benar apa yang disampaikan oleh senior kami saat di Moscow,  bahwa sesuatu keberuntungan bisa berada di kota Tomsk ini, dengan mahasiswa asing (dijuluki kota pelajar Russia) , wanita cantik  dengan keramahannya, pengetahuan orang-orang tua tentang Indonesia terutaman Soekarno,dll. ini membuat saya betah dan memberikan semangat belajar yang luar biasa kepada saya . dan saya mulai kagum dengan Orang Russia,walaupun tinggi pendidikannya  dosen,mereka tetap selalu rendah hati, melayani mahasiswa dengan senang hati,dan tak pernah mengeluh kepada mahasiswa ,tak pernah merasa rendah diri saat dimnta menjemput mahasiswa dari luar daerah (terima kasih  pak andre).Dinginnya Siberia-Tomsk tidak pernah menyurutkan semangat mereka untuk belajar dan menyerah ,hal ini membuat kami anak Indonesia  menjadi lebih semangat untuk berbuat lebih baik lagi
Saat ini  kami tidak  Menyesali akan terdampar disebuah Kota tua di Seberia ini, Dinginya Tomsk-Siberia tidak akan pernah membuat dinginnya semangat Kami  untuk bisa lebih baik, kencangnya angin di Siberia -Tomsk tidak akan pernah menghentikan langkah kami meraih Mimpi,  Terima Kasih Tomsk.
Pelajar  Indonesia yang berada di Kota Tomsk  saat ini ada 6 orang (pelajar Indonesia terbanyak terpusat di Moscow dan petersburg). Dengan semangat Indonesia , dan semangat Minoritas kami disini,(pelajar Indonesia paling sedikit di Tomsk terbanyak vietnam dan china lebih kurang 1250 pelajar ).Dengan bertahan Hidup dikota  tua Siberia dengan dinginnya bisa mencapai suhu - 50 derajat celcius, jauh dari pusat Kota (moscow), kami tak pernah menyerah, kami hanya ingin memberikan yang terbaik untuk Indonesia, karena Indonesia tetaplah Luar biasa, karena Indonesia adalah negara yang pernah menciptakan sejarah, karena Indonesia negara belanda,Jepang,Amerika,China,bisa berkembang.  (Bersambung)
08.12.2013 -Russia- Siberia-Tomsk- Emaridial Ulza  dibawah suhu -13 derajat celcius
1386435431784994739
Salju.suhu -15 derajat celcius diambil dari jalan menuju universitas
13864357171690923391
Universitas tempat saya belajar di Tomsk (TPU)
1386435532736921985
salju  (malam)dibawah suhu -14 derajat celcius,diambil dari kamar saya
1386435600721660274
Universitas tempat saya belajar di Tomsk (TPU)
1386435940871906320
saya bersama teman satu kelas dalam persiapan bahasa Russia sebelum memasuki kelas master (hanya saya dari Indonesia)
13864359981162250378
disalah satu sudut kota Tomsk(gembok Cinta) para pencari Cinta diharapkan bertapa dulu disini
1386436285222347796
diambil saat berada disebuah gedung teater
13864363931110172336
Dosen Kelas Ekonomi (elena S3)
13864364712112185662
13864365341481770977
Bersama Kurator saya (yang membantu mengurus segala dokumen saya ,sampai selesai kuliah nanti)
1386436721770410999
Fhoto dengan Patung(maaf saya lupa siapa ini),heh
1386436793923578116
di lambang rubel (mata uang russia) maksud dari satu rubel adalah.bahwa kehidupan di Tomsk cocok untuk para mahasiswa
13864370141101171002
Di I love Tomsk(menumen pertama yang dibangun dengan bahasa Inggris)
1386437152841212411
Pengenalan budaya Russia kepada Mahasiswa asing
1386437279347635229
di kelas Dansa, saya tetap Memakai Batik .he(karena pada hari Jumat saya membiasakan diri untuk memakai batik)
1386437408950127183
Di manapun berada Indonesia Selalu Dihati(fhoto Diambil dari Kamar saya)
13864374861514520852
Pengenalan Budaya Russia Kepada Mahasiswa Asing
13864375652065888820
DIacara Holoowen( saya tetap menggunakan batik)bukan kostum Pocong.heh
13864376511153288782
Teman saya di Acara Holoowen yang bertugas jadi juru Fhoto.
13864380231461078048
saya dan teman Russia saya dia acara Holoowen
1386438158642559117
saya Dan teman dari Russia disebuah acara penyambutan mahasiswa baru,saya mewakili mahasiswa asal Asia tenggara Untuk menampilkan satu pertunjukan budaya di acara tersebut
1386438612107250778
suhu - 23 derajat celcius

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar