Cari Disini

Custom Search

Jumat, 27 Desember 2013

Orang Russia Lebih “mencintai” Soekarno Daripada Indonesia "ERU" (Kompasiana)


Benar lah yang disebut  pepatah,”gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang”. Melalui tulisan pertama saya ini tak henti-hentinya saya ungkapkan rasa kagum saya kepada presiden pertama Indonesia Soekarno.betapa tidak ,seorang yang bernama soekarno ini dikenal dimana- mana. terlebih di negara tempat saya belajar saat ini Russia. Semua pasti sudah tahu bagaimana peran Soekarno dalam “menghidupkan”kembali masjid   Biru yang ada di St Petersburg,yang dulunya sebuah gudang diubah kembali sesuai dengan fungsinya menjadi masjid. Kemudian bagaimana Soekarno di Russia saat kunjungan pertama ke Russia disambut bak pahlawan di Russia, bagaimana presiden Soekarno meminta dibangunnya stadion termegah di Asia waktu itu sama persis dengan stadion Stadion Luzhniki, Moskwa, Rusia.(stadion kembarannya dikenal dengan “Gelora Bung Karno). tidak berhenti sampai disana berkat soekarno ,Russia juga memberikan bantuan Rumah sakit pertama  waktu itu yakni “rumah sakit Persahabatan”,atas rasa  bangganya russia dengan Indonesia dan Soekarno,Russia membuatkan Patung Tugu tani,memberikan bantuan dana pembangunan Monas,mengirimkan bantuan kapal Kepada Indonesia terkait isu Irian jaya, dll. Berkat persahabatn gabungan Russia-Indonesia-China pada waktu itu ketiga negara ini menjadi disegani di Dunia.
Nama Soekarno tidak lah asing bagi masyarakat Russia (terlebih yang tua)  terutama didaerah St Petersburg ,ini dibuktikan dengan mahasiswa Indonesia, atau orang Indonesia jika  berkenalan dengan orang Indonesia  selalu mengatakan., “heii Сукарно”. Hal itu juga saya rasakan di tempat saya di semanjung Siberia (Tomsk).
Saya tidak pernah menyangka.,ketika itu sedang ada pertunjukan budaya Russia kepada mahasiswa Baru di universitas dimana saya belajar (tomsk polytechnic university), ketika sedang asyik berjalan saya bertemu salah seorang pemain musik (saya lupa nama alatnya namun terlampir di fhoto)heh.. saya memperkenalkan diri saya . “menya zabut ulza, ya iz indonezii..”(nama saya ulza,saya dari Indonesia).. dan dia langsung memeluk saya “наконец, встретились Сукарно”(akhirnya saya bertemu soekarno).  Tentunya saya tersontak kaget dengan pernyataan beliau,  seperti itu,saya mengira soekarno hanya di kenal di kota-kota besar (maklum russia negara terbesar Didunia),lalu beliau menceritakan kisah pertemuan dengan soekarno ketika itu saat kunjungan soekarno pertama ke Russia beliau adalah salah satu orang yang berada diantara banyaknya orang-orang russia yang menyambut soekarno pada  5 Juni 1956.  dengan bahasa russia yang masih terbata-bata, saya menanyakan “pacemo bac nrabitsa soekarno?”(kenapa anda menyukai soekarno?)dia menjawab. yang lebih kurang artinya”soekarno menunjukkan kepada kami waktu itu bagaimana Russia dan orang-orang russia penting dimata dunia,dan juga  bagaimana soekarno memberikan penghargaan kepada yuri gagarin sebagai bagian dari Indonesia setelah itu membuat kami semakin cinta dengan Soekarno,,”. Sesederhana Itukah? ya ,itulah karakter orang Russia jika sudah dihargai dan disukai,mereka akan mengenang selamannya dan tak akan terlupakan. Tidak berhenti sampai diisana, beliau juga mengatakan ,saya menyimpan fhoto soekarno itu saya dapatkan dari internet,.saya minta anak saya mencarinya.
Saya tersentak kaget lagi dengan pernyataan beliau seperti itu..adakah orang Indonesia akan seperti ini juga nantinya?dikenang selamanya ,akankah ada lagi laki-laki asal Indonesia yang akan disegani DI dunia dan di akui Dunia sebagai sahabat terbaik,entahlah,yang pasti apa yang terjadi dan saya rasakan pada waktu itu membuat rasa semangat dan rasa nasionalisme saya kepada Indonesia semakin cinta,saya membayangkan orang Indonesia berdiri berpidato di PBB menentang kekerasan,menentang penindasan,seperti apa yang dilakukan soekarno di forum PBB,dengan mengancam keluar sebagai anggota PBB.saya membayangkan akan ada anak Indonesia yang gagah perkasa seperti soekarno menentang ,ketika harga diri Bumi pertiwi di Injak-Injak oleh bangsa lain,saya membayangkan akan ada orang seperti soekarno yang berdiri ,mengajak seluruh pemuda Indonesia untuk bangkit bersama melawan “penjajah-penjajah gelap  di Indonesia,saya  membayangkan akan ada soekarno yang menantang bangsa amerika dan tidak takut untuk diembargo oleh negara -negara lain ,sehingga Indonesia bisa mandiri,karena Indonesia mempunyai segalanya.Indonesia Mampu untuk mandiri,Indonesia tidak Butuh Australia,Indonesia Tidak Butuh Amerika,Indonesia Tidak butuh Jepang.MEREKALAH yang butuh kita (soekarno)
sebagai tanda bangga saya maka saya hadiahkan uang 100 ribu rupiah bergambarkan Soekarno kepada beliau,dan saya mengatakan.didalam bahasa indonesia dan kemudian inggris kepada beliau yang ditranslate oleh teman saya dari mongolia”Terima kasih(thank you),sudah mecintai Soekarno doakan saya bisa seperti beliau.
salam Soekarno dari Russia-Siberia-Tomsk dibawah Suhu - 17 derajat
13858879431809155734
” saya dan pengagum Soekarno dan Teman saya dari Mongolia”

ARTIKEL TERKAIT





Sameera Chathuranga Posted By Emaridal-acak

Komentar sahabat sangat diperlukan demi kemajuan emaridial-acak,karena satu komentar saja yang sahabat tulis untuk AC2,sama dengan sudah membantu AC2 dalam mengembangkan emaridial-acak ini.AC2 menerima saran dan kritik silahkan kontak kami acak_acak92@yahoo.com. Salam sayang AC2 kepada sahabat. contact me

Thank You


0 Responses So Far:

Poskan Komentar